Sukseskan "SABANG FAIR FESTIVAL 2014" Tanggal 18 s/d 24 Juni 2014.
Yang akan dimeriahkan oleh sejumlah kegiatan, seperti pameran industri kreatif, festival seni dan budaya serta berbagai kegiatan lainnya.

[ Disbudpar Kota Sabang ].

Sunday, April 6, 2014

Peninggalan Kerajaan Lamuri

Kerajaan Lamuri
Lamuri adalah nama sebuah Kerajaan yang terletak di daerah Lamreh, kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Kerajaan ini adalah Kerajaan yang lebih dahulu muncul sebelum berdirinya Kerajaan Aceh Darussalam, dan merupakan cikal bakal Kerajaan tersebut. Situs Kerajaan Lamuri di kampung Lamreh kecamatan Mesjid Raya saat ini terancam musnah dikarenakan adanya rencana pembangunan lapangan golf oleh investor.

*Masih terbengkalai
Walau telah mendapat perhatian dan desakan yang luas agar situs Lamuri dipugar dan dijadikan cagar budaya, tapi kenyataannya hingga kini belum ada reaksi cepat dari pihak-pihak terkait. Sisa-sisa Kerajaan Lamuri seperti, makam, nisan plak-pling dan artefak-artefak, masih saja berserakan dan terbengkalai. Semak belukar masih terlihat ”mengepung” area tersebut. Bagaimanakah kelanjutannya? Belum ada jawaban yang pasti.


Masyarakat yang pro dan kontra pembangunan lapangan golf sama-sama teguh dengan pendiriannya masing-masing. Pemerintah Aceh Besar terkesan lepas tangan dalam hal ini. Mediasi yang pernah digagas di Hotel The Pade, layaknya ”gencatan senjata”. Penetapan kawasan bekas berdirinya Kerajaan Lamuri masih harus ”menunggu” hasil penelitian yang mendalam. Kapankah penelitian itu akan selesai? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Semoga kepentingan pihak tertentu untuk meraup rupiah, tidak menyebabkan warisan sejarah dan budaya Lamuri musnah dari bumi Aceh. Karena, bila ini terjadi, ke manakah generasi Aceh akan pergi untuk menelusuri jejak sejarah endatunya?

0 comments:

Post a Comment