Sukseskan "SABANG FAIR FESTIVAL 2014" Tanggal 18 s/d 24 Juni 2014.
Yang akan dimeriahkan oleh sejumlah kegiatan, seperti pameran industri kreatif, festival seni dan budaya serta berbagai kegiatan lainnya.

[ Disbudpar Kota Sabang ].

Tuesday, April 8, 2014

Pliek U, Masakan Khas Aceh

Pliek U

Masakan atau kuliner khas yang digemari mayoritas masyarakat di Aceh masih jarang dikenal orang. Barangkali kuliner ini belum banyak yang pernah mencicipinya sehingga kurang populer. Masakan atau gulai khas Aceh ini adalah gulai para raja yang dikenal dengan nama “Kuah PliekU”. Gulai ini dibuat dari campuran berbagai jenis sayuran ditambah “PliekU” dan kepala ikan asin sebagai penyedapnya.


Pliek U” atau patarana adalah sisa atau ampas kopra (kelapa) yang minyaknya sudah diperas dengan alat tradisional yaitu dua bilah papan yang dipress dengan baut besar. Masyarakat di pedesaan Aceh, sejak masa jayanya Kerajaan Aceh sampai kini masih terus mengolah kelapa secara tradisional. Olahan kelapa ini menghasilkan minyak goreng yang disebut dengan “minyeuk reutik.” Ampasnya tidak dibuang, tetapi dijemur kembali sehingga menjadi “Pliek U” yang berwarna hitam. Pliek U memancarkan aroma minyak kelapa yang khas.

Dalam tradisi masyarakat Aceh, “pliek U” menjadi salah satu bumbu penyedap untuk mengolah sayuran menjadi gulai (kuah) Pliek U. Gulai ini sangat digemari oleh warga Aceh, baik yang masih tinggal di Aceh apalagi yang sudah lama di perantauan. Kuah Pliek U bagaikan sebuah wadah perekat warga Aceh yang tinggal di perantauan. Bila ada acara kangen-kangenan warga Aceh di rantau, dapat dipastikan bahwa hidangan utamanya adalah kuah Pliek U.

0 comments:

Post a Comment